Jakarta, 14 April 2016 – Citibank N.A., Indonesia (Citi) hari ini mengumumkan penyediaan jasa Cash Management dan Commercial Cards ke PT. Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), pengelola pelabuhan terdepan di Indonesia. Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Direktur Keuangan PT Pelabuhan Tanjung Priok Prastyo Wasis P., dan Head of Corporate & Investment Banking Citi Indonesia Gioshia Ralie. Kerjasama ini merupakan bentuk dukungan Citi terhadap proses digitalisasi PTP untuk menjadi yang terdepan di bisnis pelabuhan. Citi merupakan satu-satunya bank berskala global yang akan menangani sistem pengelolaan keuangan PTP bersama dengan sejumlah bank BUMN dan swasta nasional di Indonesia. 

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan “Sebagai bank berskala global, kami telah bekerjasama dengan lebih dari 400 institusi pemerintahan dan state-owned enterprises di seluruh dunia. Kami bangga Citi Indonesia dipercaya sebagai bank berskala global pertama yang menyediakan jasa Cash Management dan Commercial Cards kepada PTP, pengelola pelabuhan terdepan di Indonesia. Kerjasama ini akan memberikan akses penggunaan teknologi finansial Citi bagi PTP untuk mencapai efisiensi yang optimal dalam pengelolaan sistem keuangan.”

Indonesia merupakan negara kepulauan dimana dua pertiga wilayahnya adalah perairan dan terletak pada lokasi yang strategis karena terletak di persinggahan rute perdagangan dunia.  Oleh karenanya, pelabuhan memiliki peranan penting dalam merangsang pertumbuhan kegiatan ekonomi, perdagangan, dan industri dari sebuah negara. Berdasarkan data Nilai Ekspor dan Impor yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2013, nilai ekspor melalui pelabuhan utama mencapai sekitar 183 milyar dolar AS, sedangkan nilai impor mencapai sekitar 187 milyar dolar AS. Angka ini tentunya akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditargetkan diatas 5%.

Di sela-sela acara penandatangan kerjasama antara Citi Indonesia dan PTP, Direktur Utama PT. Pelabuhan Tanjung Priok Arif Suhartono mengatakan “Produk ini merupakan solusi bagi kami untuk dapat meningkatkan pengelolaan keuangan yang lebih efisien dan aman. Kami berharap melalui kerjasama dengan Citi Indonesia, kami dapat meningkatkan penyelenggaraan tata kelola perusahaan yang akuntabel dan berintegritas sebagai hub nasional terdepan yang melayani pertumbuhan ekonomi Indonesia.”

Country Head Treasury and Trade Solutions Citi Indonesia Vincent C. Soegianto menjabarkan,  “Solusi Cash Management Citi memiliki kemampuan sentralisasi, proses rekonsiliasi penerimaan dan  pengiriman dana secara otomatis dan aman, sehingga dapat mempercepat proses dan meminimalisir resiko transaksi. Proses penerimaan dana di rekening PTP akan terintegrasi dengan solusi Citi Virtual Account untuk mempercepat proses rekonsiliasi penutupan account receivable”.

Lebih lanjut dijelaskan, manfaat lain yang diberikan untuk PTP termasuk efisiensi operasional melalui proses pembayaran straight through, real time, mass/ bulk payment melalui fasilitas daring yang terintegrasi dengan sistem treasury atau bendahara untuk meningkatkan proyeksi aliran kas.

Seluruh solusi digital tersebut tercakup dalam sistem CitiDirect Banking Evolution (CitiDirect BE) yang ditujukan bagi nasabah korporasi. Melalui sistem ini, PTP akan memiliki akses ke seluruh transaksi perbankan mereka sehari-hari secara komprehensif dan mendapatkan laporan analisa transaksi perbankan hanya melalui satu portal. Selain itu CitiDirect BE memiliki versi yang dapat diakses melalui perangkat tablet dan seluler, sehingga memungkinkan manajemen PTP untuk dapat melaksanakan pengambilan keputusan penting secara mobile tanpa mengorbankan keamanan.

Sedangkan Citi Commercial Cards adalah fasilitas kartu kredit bagi karyawan yang dapat melakukan transaksi pembayaran dengan liabilitas pada perusahaan. Citi Commercial Cards memiliki teknologi terkini, khususnya dalam memberikan laporan pengeluaran pemegang kartu kepada perusahaan secara real time, kemampuan untuk pengendalian biaya dengan membatasi jumlah pengeluaran dan jenis vendor terhadap pengguna kartu, serta rekonsiliasi otomatis, dan laporan konsolidasi secara elektronik. Seluruh pengguna Citi Commercial Cards ini dapat menikmati solusi digital tersebut  melalui Citi Custom Reporting System ( CCRS ) dan Citi Manager.

Hingga kini, solusi cash management Citi telah digunakan oleh lebih dari 2.000 korporasi di Indonesia termasuk 40 BUMN, mulai dari sektor minyak dan gas, farmasi, ritel dan transportasi. Citi Indonesia juga dipercaya oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai salah satu bank yang dapat mengelola rekening milik kementerian negara/lembaga negara/satuan kerja anggaran.

Tahun lalu Citi Indonesia juga berhasil memperoleh penghargaan dari Direktorat Jenderal Pajak sebagai mitra bank persepsi yang dapat melayani pembuatan Kode Billing Pajak secara masal bagi nasabah-nasabah korporasi. Dari sisi pengelolaan penerimaan negara, Citi mendapatkan penghargaan sebagai Bank Persepsi terbaik dari Kantor Pusat Penerimaan Negara dimana dari jumlah penerimaan negara yang  diproses di Citi telah mencapai kurang lebih Rp 60 triliun. Angka ini merupakan yang terbesar bagi bank berjaringan internasional yang beroperasi di Indonesia.

“Kami berharap kerjasama ini dapat mendukung kemajuan PT. Pelabuhan Tanjung Priok agar menjadi yang terdepan dalam bisnis pelabuhan sehingga semakin berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia,” tutup Vincent.