Jakarta, 18 Februari 2016 – Citi Indonesia melalui payung kegiatan kemasyarakatannya, Citi Peka (Peduli dan BerKarya), bersama dengan mitra pelaksana YCAB Foundation (Yayasan Cinta Anak Bangsa)  meluncurkan program Citi Clean-up Community. Melalui dana hibah dari Citi Foundation sebesar USD 130,000, program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah di 7 wilayah yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Palembang dan Samarinda.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup pada tahun 2012, rata-rata orang Indonesia menghasilkan 0.76 kg sampah per hari, atau sebesar 192.128 ton sampah per hari dari 252.8 juta penduduk Indonesia.

Elvera N Makki, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia mengatakan, “Merupakan wujud nyata komitmen Citi untuk terus medukung kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang lingkungan. Bersama dengan YCAB Foundation, kami percaya program ini akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, kebersihan lingkungan tempat mereka tinggal serta meningkatkan perekonomian, melalui pengelolaan sampah yang tepat dan memiliki nilai jual.”

Dalam mendukung kesadaran akan kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah tesebut, program Citi Clean-up Community terdiri dari beragam aktivitas bertema lingkungan. Sebagai langkah awal, hari ini digelar aktivitas di wilayah percontohan; kelurahan Tanah Abang dan Manggarai yang melibatkan 1.200 warga Jakarta. Selain itu, gerakan sosial bersama komunitas setempat juga akan diadakan di enam kota lainnya di Indonesia dengan mengusung tema #NyampahItuKuno pada 18 Februari hingga 22 April 2016.

“Permasalahan sampah merupakan isu penting di kehidupan kita saat ini, dimana masih banyak masyarakat yang kurang peduli akan kebersihan. Oleh karena itu, kita sebagai warga memiliki peran penting dalam menanggulangi masalah kebersihan lingkungan. Melalui inisiatif yang didukung oleh Citi, kami mengajak masyarakat untuk dapat memilah dan mengelola sampah sehingga dapat dimanfaatkan kembali. Relawan Citi juga sangat antusias membatu warga dalam berkreasi memanfaatkan sampah untuk melestarikan lingkungan, serta berperan menjadi mentor di Rumah Belajar. Hal ini  merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” ungkap M. Farhan, Sekretaris Jenderal YCAB Foundation.

Bersama gerakan sosial Do Something Indonesia, kegiatan #NyampahItuKuno mengajak kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Melalui kompetisi foto di media sosial Instagram, warga diajak untuk berpartisipasi dalam mengurangi dan mendaur ulang sampah rumah tangga. Kegiatan media sosial ini berlangsung pada 8 – 22 April 2016.

Citi Clean-up Community merupakan salah satu dari kegiatan kemasyarakatan Citi Peka (Peduli dan Berkarya). Setelah 18 tahun berdiri, Citi Peka berfokus pada program lingkungan; kewirausahaan muda; pendidikan keuangan bagi perempuan, anak anak, dan petani; pendampingan dan penghargaan bagi pengusaha mikro; serta akses dan inklusi keuangan bagi petani.