Aceh, 14 November 2013 – Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) hadir untuk kedua kalinya di Aceh, di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Berlangsung mulai dari 14-16 November, BKGN ingin mengingatkan orang tua untuk menjadi ‘smile heroes’ atau pahlawan senyum yaitu dengan memperhatikan perawatan kesehatan gigi dan mulut anak sejak dini demi kesuksesan masa depan mereka.

Acara peresmian BKGN 2013 di RSGM Fakultas Kedokteran Program Studi Kedokteran Gigi Unsyiah dibuka oleh drg. Zaki Mubarak, MS; Ketua Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Universitas Syiah Kuala dengan disaksikan oleh Dr. drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS; Ketua Persatuan Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifah; GCClinDent., MDSc; Professional Relationship Manager Oral Care, PT. Unilever Indonesia, Tbk.

Masyarakat Aceh sendiri sudah mulai paham akan pentingnya upaya preventif dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dapat dilihat dari prosentase kunjungan ke dokter gigi sebesar 13,2% hanya sedikit di bawah prosentase nasional sebesar 13,3%. Namun demikian, upaya edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut masih perlu untuk terus dilakukan. “Diharapkan dengan hadirnya BKGN di Universitas Syiah Kuala selain dapat memberikan edukasi serta pelayanan gigi gratis bagi masyarakat, juga mengajak masyarakat Aceh untuk berperan aktif menjadi ‘smile heroes’. Sehingga anak-anak dapat memulai kebiasaan yang baik sejak dini dan terbawa hingga mereka dewasa kelak,” ujar drg. Zaki.