Bertempat di Function Room RSCM Kencana Lt. 5 tanggal 12 April lalu, Himpunan Masyarakat Hemofilia Indonesia (HMHI) mencanangkan program penanganan hemofilia bertajuk ‘Upaya Menghilangkan Kesenjangan dalam Penanganan Hemofilia’ dengan menggandeng Novo Nordisk.

Program ini bertujuan untuk memberikan dan menyebarkan edukasi mengenai penanganan Hemofilia di Indonesia serta membangun fondasi untuk menunjang fasilitas medis bagi pasien Hemofilia.

Menurut data 2011, jumlah pasien Hemofilia yang terdaftar di Indonesia mencapai 1.388 pasien untuk nasional. Namun perkiraan HMHI jumlah pasien Hemofilia dapat mencapai +20.000. Hal ini dikarenakan keterbatasan informasi dan rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai Hemofilia.

Acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Hemofilia Sedunia yang jatuh setiap tanggal 17 April ini dihadiri oleh Prof. Dr. dr. Karmel L. Tambunan, SpPD (KHOM), Tim Pelayanan Terpadu Hemofilia RSCM; Prof. dr. Djajadiman Gatot, SpA(K), Ketua HMHI; Prof. dr. Rahayuningsih D. Setiabudy, SpPK DSc., Sekretaris HMHI; dan Sandeep Sur, General Manager PT Novo Nordisk Indonesia. Selain itu sebanyak 33 media hadir memenuhi undangan R&R.