Hari ini banyak teman-teman dilingkungan saya yang mengawali sapaan paginya dengan welcoming December, bahkan beberapa ada yang terkaget karena sudah masuk di Desember. Ada apa dengan Desember?

Sama seperti minggu lalu, saya pun banyak menerima sapaan dan pesan via BBM dan SMS welcoming Islamic new year 1433 H dan anjuran-anjuran tentang apa yang dilakukan di penghujung pergantian tahun.

Desember, tahun baru Masehi dan Muharam… semua adalah nama bulan dan tahun yang berganti setiap tahunnya sesuai dengan ketetapan Allah akan waktu. Sama seperti kita merasakan tiap detik waktu berlalu dan memberikan kita kesempatan untuk kembali menjalankan apapun aktifitas kita baik yang rutin maupun yang baru kita mulai.

Terlepas dari apapun isi sapaan di bulan dan pergantian tahun tersebut, saya melihatnya sebagai sebuah spirit/semangat untuk memotivasi dan saling memberi perhatian dan kehangatan. Karena toh kita semua punya hak yang sama dalam hal waktu.

Kehidupan yang kita jalani ini mengajarkan kita tentang banyak hal, hidup ini juga merupakan proses untuk kita menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Sudahkan hari, bulan dan tahun yang kita lewati itu penuh makna?…

Belajarlah dari perjalanan waktu yang sudah kita lewati, karena ada banyak pengalaman hidup yang memberikan pesan hikmah untuk kita cermati. Bukankah orang bijak berkata, ”Pengalaman adalah Guru Terbaik”?!

Insya Allah, kita bisa memanfaatkan sisa waktu ke depan yang diberi Allah, sarat akan makna ilmu dan iman, agar hidup kita menjadi lebih lapang dan terarah.

Selamat datang Desember, Selamat Tahun Baru Islam 1433 H dan Selamat menyambut tahun 2012. Bismillah dan Alhamdulillah. (RiM)