Menangani dengan hati semua kampanye komunikasi yang diluncurkan oleh klien memang telah menjadi ‘semangat’ tim R&R. Sebuah semangat pemompa adrenalin yang mendorong kami untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam mensukseskan kampanye tersebut, terutama untuk menyampaikan pesan-pesan komunikasi kepada audiens sasaran, agar tujuan dari kampanye tersebut tercapai.

Bagi kami, merupakan penghargaan apabila pesan-pesan yang kami salurkan kemudian dikemas dan dimuat menjadi tulisan yang menarik serta informatif oleh rekan-rekan kami di media. Dan tentunya memberi manfaat bagi para pembaca.

Pagi ini, saya berkesempatan untuk bertemu dengan salah satu klien, yang mempercayakan kegiatan PR untuk salah satu brand yang mereka pasarkan – kepada kami.

Ditemani dua cangkir teh hangat, obrolan demi obrolan pun kami lewati, hingga akhirnya saya mendengar cerita yang membuat saya bangga dan juga terharu saat klien kami ini berbagi kisah sukses yang dialami oleh salah satu produk yang baru saja diluncurkan pada kuartal terakhir tahun 2008. Menurutnya, produk yang disiapkan dan diperkirakan akan habis di pertengahan tahun 2009, ternyata sudah laris manis dan hampir habis stock-nya pada Desember 2008, hingga mereka harus mengejar produksi lebih banyak lagi.

Rupanya, ulasan media mengenai produk baru tersebut yang muncul di berbagai tulisan di media lah yang membuat banyak orang untuk tertarik mencari tahu lebih jauh dan tentu saja membelinya. Dari hari ke hari, tim sales klien kami selalu kedatangan orang-orang yang selalu menyebutkan nama media yang berbeda setiap mereka menanyakan produk yang mereka cari..

“..itu tuh mbak, produk seperti yang ditulis majalah W”

‘..ada produk ini nggak mbak, soalnya kemarin aku baca artikelnya di koran X..”

Memang, kerja PR tidak selalu dapat diidentikkan dengan penjualan, karena yang kami tangani adalah pengelolaan pesan komunikasi agar sampai dengan baik ke khalayak sasaran lewat dukungan rekan-rekan media.

Tetapi kisah sukses tadi membuat kami semakin percaya, bahwa dukungan rekan-rekan media dalam melahirkan tulisan yang inspiratif dan informatif tidak dapat dilupakan perannya dalam kelahiran sebuah gagasan atau ide baru. Atau pun produk baru. (HaS)