Tidak jarang klien kami masih menganggap bahwa mengundang wartawan itu bukan persoalan yang sulit. Padahal, belum tentu media merasa tertarik datang ke suatu acara atau jumpa pers. Kalau news value nya tinggi tentu akan menjadi prioritas mereka. Tetapi bila dinilai news value nya kurang, maka kecil kemungkinan mereka akan memenuhi undangan kita. Apalagi kalau udangan itu waktunya tidak ‘friendly’ buat teman-teman wartawan.

Salah satu waktu yang kurang friendly (apalagi plus news value nya rendah) adalah pagi hari antara jam 6 s/d jam 9. Ini terutama bagi teman-teman wartawan harian. Pernah klien kami ‘keukeuh’ membuat acara di weekend pada jam 7 pagi, yang sayangnya tidak terlalu memiliki news value yang tinggi. Yah, wartawan kan juga manusia, setelah semalamnya pulang larut tentu tak mudah untuk datang esok paginya. Kecuali, ya itu tadi, news valuenya tinggi.

Secara ekstrim news value digambarkan sebagai berikut: kalau anjing gigit orang itu berita biasa, tetapi kalau orang gigit anjing itu baru berita. Nah, bagi anda yang hendak membuat acara atau sebuah jumpa pers yang ingin menghadirkan wartawan, pastikan faktor waktu dan daya tarik (sebagai berita) menjadi pertimbangan utama. (DaN)